Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : 2 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Topik : Lingkungan Alam
Waktu Pelaksanaan : 17 Desember 2013
A.
STANDAR KOMPETENSI
Pendidikan Kewarganegaraan
Membiasakan hidup
bergotong royong
Bahasa Indonesia
Membaca
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
B.
KOMPETENSI DASAR
Pendidikan Kewarganegaraan
1.2
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
Bahasa Indonesia
Melengkapi cerita
sederhana dengan kata yang tepat.
C.
INDIKATOR
Pendidikan
Kewarganegaraan
a.
Kognitif
Proses
Menjelaskan
pentingnya mengenal lingkungan alam dan buatan.
Produk
Menyebutkan cara
menjaga kelestarian lingkungan.
b.
Afektif
Karakter/sikap
Membantu teman
yang mengalami kesulitan.
Keterampilan Sosial
Melaporkan
hasil diskusi dan kerja sama mengenai contoh lingkungan alam dan buatan.
c.
Psikomotor
Membuat
kesimpulan hasil diskusi.
Bahasa Indonesia
a.
Kognitif
Produk
Menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks.
Proses
Membaca teks sederhana
b.
Afektif
Karakter
Membantu teman yang
mengalami kesulitan.
Keterampilan Sosial
Melaporkan
hasil diskusi dan kerja.
c.
Psikomotor
Membuat kesimpulan hasil diskusi.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Kewarganegaraan
a.
Kognitif
Proses
Melalui picture and picture dan tanya jawab, siswa mampu
menjelaskan pentingnya mengenal lingkungan alam dan buatan dengan tepat.
Produk
Melalui pemberian informasi, siswa mampu menyebutkan cara menjaga kelestarian
lingkungan dengan tepat.
b.
Afektif
Karakter/sikap
Melalui diskusi, siswa mampu membantu teman lain yang mengalami kesulitan dengan penuh
keikhlasan.
Keterampilan Sosial
Melalui
demonstrasi dan diskusi, siswa mampu melaporkan hasil diskusi dan kerja sama
mengenai contoh lingkungan alam dan buatan dengan baik.
c.
Psikomotor
Melalui penugasan,
siswa dapat membuat hasil diskusi dengan baik.
Bahasa Indonesia
a. Kognitif
Produk
Melalui tanya jawab, siswa mampu menentukan kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks dengan tepat.
Proses
Melalui pemberian informasi, siswa mampu membaca teks
sederhana dengan tepat.
b.
Afektif
Karakter/sikap
Melalui
diskusi, siswa mampu
membantu teman lain yang mengalami kesulitan dengan penuh keikhlasan.
Keterampilan Sosial
Melalui diskusi, perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi dan kerja dengan baik.
c.
Psikomotor
Melalui penugasan, siswa mampu membuat kesimpulan dari hasil diskusi dengan baik.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pendidikan Kewarganegaraan : Cinta lingkungan
2. Bahasa Indonesia :
Teks cerita
3. Nilai Karakter : Peduli Lingkungan
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : PAIKEM
2. Model
pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
3. Metode
pembelajaran : Picture and
picture, Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal ( 10 menit )
1. Salam, berdoa, mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi
dan peraga.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi dan
rangkaian kegiatan.
3. Siswa diajak menyanyi untuk menarik ketertarikan siswa.
4. Guru melakukan apersepsi untuk merangsang pemahaman siswa
dalam menerima materi yang disajikan. Guru mengaitkan pelajaran yang akan
disampaikan dengan kehidupan sehari - hari.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi ( 10 menit )
a.
Siswa menjawab
beberapa pertanyaan guru mengenai lingkungan alam dan buatan.
b.
Siswa diminta
mengamati alat peraga berupa gambar – gambar.
c.
Siswa dan guru
tanya jawab situasi gambar.
d.
Siswa mendengarkan
teks cerita dari guru.
2. Elaborasi ( 20 menit )
a. Siswa mendengarkan petunjuk pelaksanaan kerja kelompok dari
guru.
b. Siswa dibagi dalam 7 kelompok, setiap kelompok terdiri 4
anak.
c. Siswa mendiskusikan lembar kerja yang telah dibagikan
dengan beimbingan guru.
d. Guru membantu siswa yang mengalami kesulitan.
e. Siswa mengoreksi lembar kerja kelompok dengan binbingan
guru.
f. Siswa mengerjakan lembar evaluasi individu.
3.
Konfirmasi ( 20
menit )
a. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal
yang belum diketahui.
b. Siswa bersama dengan guru membahas hasil kerja siswa.
c. Guru bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan
penguatan.
d. Guru mengecek hasil lembar evaluasi individu.
e. Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif.
Kegiatan Akhir ( 10 menit)
1. Siswa diberikan kesempatan untuk menyimpulkan pelajaran
pada hari ini.
2. Guru memberikan pesan moral kepada siswa.
3. Guru melakukan penilaian.
4. Guru memberikan umpan balik.
5. Merencanakan tindak lanjut ( remidi, pengayaan dan PR)
6. Penyampaian materi selanjutnya.
7. Guru menutup pelajaran dengan salam.
H.
EVALUASI
Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini
dapat dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan
alat-alat penilaian sebagai berikut:
1. Tertulis
Jenis penilaian
ini diberikan secara individual kepada siswa menggunakan soal evaluasi.
2. Kinerja
Penilaian
kinerja ini dilakukan menggunakan lembar pengamatan.
3. Kepribadian
afektif dan psikomotor siswa
Penilaian ini
dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan.
I.
TINDAK LANJUT DAN
PENGHARGAAN
Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan
kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai KKM dan menyelenggarakan
perbaikan (remidial program) bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam kegiatan
pembelajaran kelompok, dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok
yang terbaik, hebat, dan super. Penetapan ini diumumkan pada saat sebelum
melaksanakan rencana pembelajaran selanjutnya.
Yogyakarta,
15 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas
Suharsono, S. Pd Dianita Ikasari
NIP. 19590805
197907 1 001 NPM. 12144600041
0 komentar:
Posting Komentar