Berdasarkan
observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis puisi masih
rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan oleh minat
siswa yang rendah dalam pebelajaran menulis puisi. Selain itu, guru juga lebih
banyak menggunakan metode ceramah. Keadaan yang demikian membuat peneliti
tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Upaya yang
dilakukan peneliti unutuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas
VII H SMP N 1 Suruh yaitu melalui media gambar alam dengan teknik khayalan
visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar
peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam dan (2) Bagaimana
perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh setelah mengikuti
pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui media gambar alam dengan
teknik khayalan visual. Tujuan melakukan penelitian ini adalah mendeskripsi
peningkatan keterampilan menulis puisi dan mendeskripsi perubahan tingkah laku
siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui media gambar alam
dengan teknik khayalan visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus II dengan
subjek penelitian siswa kelas II H SMP N 1 Suruh Kabupaten Semarang.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa
tes menulis puisi dan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis
puisi siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui
media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Nilai rata-rata tes menulis
puisi siklus I sebesar 68,35atau dalam kategori cukup dan pada siklus II nilai
rata-rata tes menulis puisi menjadi 84,29 yang berarti mengalami peningkatan
sebesar 15,94 dari siklus I. Sikap dan perilaku siswa juga menunjukkan
perubahan yang positif. Siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran
menulis puisi keindahan alam melalui media gambar alam dengan teknik khayalan
visual. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya dapat
menumbuhkan minat dan rasa tertarik siswa terhadap pembelajaran menulis puisi.
Selain itu, guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat dalam
pembelajaran menulis puisi, seperti halnya media gambar alam dengan teknik
khayalan visual.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar