Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 10 Januari 2014

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi


          Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis puisi masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi disebabkan oleh minat siswa yang rendah dalam pebelajaran menulis puisi. Selain itu, guru juga lebih banyak menggunakan metode ceramah. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti unutuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII H SMP N 1 Suruh yaitu melalui media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam dan (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Tujuan melakukan penelitian ini adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi dan mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas II H SMP N 1 Suruh Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menulis puisi dan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Nilai rata-rata tes menulis puisi siklus I sebesar 68,35atau dalam kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata tes menulis puisi menjadi 84,29 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 15,94 dari siklus I. Sikap dan perilaku siswa juga menunjukkan perubahan yang positif. Siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui media gambar alam dengan teknik khayalan visual. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya dapat menumbuhkan minat dan rasa tertarik siswa terhadap pembelajaran menulis puisi. Selain itu, guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis puisi, seperti halnya media gambar alam dengan teknik khayalan visual.


0 komentar:

Posting Komentar