Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 22 Desember 2013

KETERAMPILAN MENULIS

A.    Hakikat Menulis sebagai Aspek Keterampilan Berbahasa
1.      Pengertian Menulis
Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambing – lambing grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang – lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu.
Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, melainkan melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur.
2.      Fungsi dan Tujuan Menulis
Fungsi tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Sedangkan tujuan menulis menurut Hugo Hartig (Via Tarigan, 1982: 26) adalah
ü  Assignment Purpose
Tujuan penugasan ini sebenarnya tidak mempunyai tujuan sama skali. Penulis menulis sesuatu karena ditugaskan, bukan atas kemauan sendiri (misalnya para siswa diberi tugas untuk merangkum buku)
ü  Altruistic Purpose
Penulis bertujuan untuk menyenangkan para pembaca, menghindari kedukaan para pembaca, ingin menolong para pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalaran, ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya.
ü  Persuasive Purpose
Tulisan yang bertujuan meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan.
ü  Informational Purpose
Bertujuan untuk memberikan informasi atau keterangan / penerangan kepada para pembaca.
ü  Self expressive Purpose
Bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada para pembaca.
ü  Creative Purpose
Tujuan ini berhubungan dengan tujuan pernyataan diri. Tetapi “keinginan kreatif”di sini melebihi pernyataan diri dan melibatkan dirinya dengan keinginan mencapai nilai – nilai artistic atau seni yang ideal, seni idaman.
ü     Problem-solving Purpose
Sang penulis ingin memecahkan masalah yang dihadapi. Sang penulis ingin menjelaskan, menjernihkan, serta meneliti secara cermat pikiran – pikiran dan gagasan – gagasannya sendiri agar dapat mengerti dan diterima oleh para pembaca.
B.     Ragam Menulis
1.      Narasi
Narasi adalah jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan urutan waktu (kronologis). Narasi terdiri atas narasi ekspositoris dan artistic atau literer.
ü  Narasi ekspositoris, yaitu tulisan yang menginformasikan peristiwa dengan bahasa yang lugas dan konfliknya tidak terlalu kelihatan.
ü  Narasi artistic atau literer, yaitu narasi yang sesungguhnya murni sebagai tulisan narasi.
2.      Deskripsi
Deskripsi adalah jenis karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek apa adanya, sehingga pembaca ikut juga merasakan, memahami, melihat dan mendengarkan apa yang ditulis si pengarang itu.
3.      Eksposisi
Eksposisi adalah jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat. Eksposisi memerlukan data yang diperkuat oleh angka, peta, statistic serta memerlukan analisis dan sintesis dalam pemecahan masalahnya. Contohnya; laporan.
4.      Argumentasi

Argumentasi adalah jenis karangan yang bertujuan memengaruhi pembaca dengan bukti – bukti, alasan atau pendapat yang kuat, sehingga gagasan yang dikemukakan penulis dapat diyakini/dipercaya oleh pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar